Bumi Punya Tetangga Baru Palnet UCF 1.01

Bumi memempunyai planet tetangga baru. tetapi, tidak terletak di tata surya tempat bumi bernaung. planet tetangga itu terletak di luar tata surya pada jarak 33 tahun cahaya, tergolong dekat.

planet tetangga baru bumi tersebut diberi nama ucf 1. 01. ukuran planet itu sebatas dua pertiga ukuran bumi. ucf 1. 01 mengorbit amat dekat dengan bintangnya hingga mengorbit sebatas dalam waktu 1, 4 hari.

karena berjarak amat dekat dengan bintangnya, planet ini mustahil untuk dihuni. temperatur permukaannya 538 derajat celsius, tidak memempunyai atmosfer, serta permukaannya berbentuk lelehan.

kevin stevenson, mahasiswa phd di university central florida yang terlibat penemuan itu, mengatmenyebutkan, "kami mendapatkan bukti kuat planet yang amat kecil, panas, serta dekat dengan bintangnya dengan teleskop spitzer. "

saat mendapatkan, sesungguhnya stevenson serta rekannya masih mengkaji planet panas seukuran neptunus yang bernama gj 436b. planet itu diketahui melingkari bintang katai merah gj436. mengamati dengan metode transit, yaitu dengan lihat kedipan cahaya bintang akibat adanya planet yang melalui di mukanya, peneliti mendeteksi adanya kemungkinan gj486 memempunyai satu atau dua planet lain.

berdasarkan temuan itu, selanjutnya pengamatan lebih lanjut dikerjakan dengan spitzer, wahana deep impact, very large telescope di cile, serta canada-france-hawaii telescope dekat mauna kea di hawaii. dengan temuan ini, selanjutnya gj486 barangkali diorbit oleh lebih dari satu planet. meski demikian, penelitian massa ucf 1. 01 tetap mesti dikerjakan untuk dapat menegaskan yaitu obyek itu sebenarnya planet.

"saya harap observasi ke depan bakal mengonfirmasi penemuan yang menarik ini, yang tunjukkan yaitu spitzer dapat mendapatkan planet seukuran mars, " kata michael werner, peneliti nasa untuk misi spitzer layaknya dikutip eurekalert, rabu (18/7/2012).

No comments

Jangan SPAM ya!!!

Powered by Blogger.